Rabu, 24 September 2008

ALLAH dan TUHAN


APA BEDANYA KATA ALLAH DAN TUHAN?

Pdt. Ir. Ivan Tanudjaja

BOANERGES FESTIVAL 2008

Minggu, 8 Juni 2008 17:00

Balai Sarbini – Dome Plaza Semanggi

ARTI KATA ALLAH

ALLAH

GOD → NKJV → Gelar yang diberikan kepada sang pencipta.

ELOHIM → Ibrani

Kejadian 1

Dalam kitab Kejadian 1, tidak pernah mucul kata Tuhan. Dalam Kejadian 1:1 dikatakan bahwa pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Karena Kata Allah disini menunjuk sebagai seorang pencipta / creator.

Kejadian 6:12-13

Allah menilik bumi itu dan sungguh rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi. 13 Berfirmanlah Allah kepada Nuh: “Aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala makluk, sebab bumi telah penuh dengan kekerasan oleh mereka, jadi aku akan memusnakan mereka bersama-sama dengan bumi.

Dalam Kejadian 6:12-13 ini Allah bertindak sebagai penguasa atau Allah dalam tindakanNYA sebagai Pencipta / the creator.

ARTI KATA TUHAN

TUHAN

LORD → NKJV → Namanya ALLAH

YHVH → Ibrani

Keluaran 6:2

Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak, dan Yakub sebagai Allah yang mahakuasa, tetapi dengan nama-KU TUHAN, Aku belum menyatakan diri.

Kejadian 7:1

Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Nuh: “Masuklah kedalam bahtera itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah yang kulihat benar dihadapan-Ku diantara orang zaman ini.

Dalam Kitab Kejadian 7:1, Allah dalam Kasih karuniaNYA untuk menyelamatkan Nuh.

š Kalau Alkitab berbicara tentang kata:

ALLAH = Alkitab sedang berbicara tentang Allah dalam tindakanNYA sebagai penguasa atau pencipta atau Allah dalam pekerjaanNYA (The Hands of GOD).

TUHAN = Alkitab sedang berbicara tentang isi hati Allah (The Heart of GOD) atau Allah dan Kasih Karunia-NYA.

Kata TUHAN = LORD = YHVH

Siapakah Tuhan atau יהוה = YHVH ?

Y = Yod

Ini adalah huruf ke 10 dalam abjad Ibrani. Simbol dari “yod” adalah “open hand” I “tangan yang terbuka”. Symbol tangan juga menunjukan pada kekuatan / power.

H = Heh

Ini adalah huruf ke 5 dalam abjad Ibrani. Symbol dari huruf “Heh” adalah “Jendela” ¢. Akar kata dari symbol jendela ini yaitu “to breath” bernafas. Dimana melalui jendela udara dan cahaya bisa masuk menjangkau kita. Karena dengan melihat dan bernafas merupakan 2 aspek terpenting dalam hidup manusia.

V = Vav

Ini adalah huruf ke 6 dalam abjad Ibrani. Symbol dari huruf “vav” adalah “paku/nail” ו. Fungsi dari paku unruk menggambungkan dua benda.

H = Heh

Ini adalah huruf ke 5 dalam abjad Ibrani. Symbol dari huruf “Heh” adalah “Jendela” ¢. Akar kata dari symbol jendela ini yaitu “to breath” bernafas. Dimana melalui jendela udara dan cahaya bisa masuk menjangkau kita. Karena dengan melihat dan bernafas merupakan 2 aspek terpenting dalam hidup manusia.

Jadi Sebenarnya siapakah Tuhan itu?


Yesus adalah Tuhan – YHVH – Lord. Kata YHVH = Open hands of grace / Nailed in Grace. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia mengaruniakan anak-NYA yang tunggal supaya yang percaya tidak akan binasa melainkan memperoleh hidup yang kekal. Yesus adalah terang dunia dan dengan hembusan nafasnya kita memperoleh hidup. Dia adalah satu-satunya jalan kebenaran dan hidup. Orang Israel sampai saat ini mengganti nama YHVH dengan ADONAI karena mereka percaya Mesias belum datang. Makanya nama YHVH sangat dikuduskan bagi mereka. Mengapa orang Israel takut menyebut nama YHVH? Karena mereka berada di bawah kuasa roh perbudakan hukum taurat, dimana dalam Keluaran 20:7 mengatakan bahwa: Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan. Sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

Bagaimana dengan kita?

Dalam Perjanjian baru / New Testament pada kitab Roma 6:14 mengatakan bahwa: Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada dibawah hukum Taurat, tetapi dibawah kasih karunia (Grace).

Kasih Karunia seperti apa?

Kasih karunia yang memerdekakan kita sebagai anak Allah. Karena 2000 tahun yang lalu, Yesus telah menyerahkan nyawanya, mati tergantung, tertikam, tertombak, terkapar di tiang kayu salib untuk menebus segala dosa dunia. Sehingga dengan Tubuh dan darah-NYA kita dipersatukan kembali dengan Bapa di Surga. Dengan kasih karunia Allah itulah we are set free / kita dibebaskan dari segala penghukuman untuk kembali pada Bapa di surga dan untuk menerima kehidupan kekal, masuk kedalam kerajaan-Nya yang Mulia. Orang dunia mempersembahkan korban berkali-kali untuk menebus dosa mereka, tapi Yesus hanya sekali untuk selamanya menebus dosa dunia. Orang dunia hanya mengenal Allah sebagai Penguasa, pencipta / the creator, tapi kita memiliki kasih-NYA yang luar biasa dan bahkan mengenal isi hati-Nya Allah dengan memanggil-Nya Tuhan.

Kata ELI → ELOHIM = ALLAH, untuk pertama kali Yesus berseru pada Bapa di surga dengan Kata ELI / ALLAH, karena Yesus menggantikan posisi manusia sebagai orang berdosa yang terpaku dan tergantung di Tiang kayu Salib, supaya sampai saat ini kita bisa memanggil Bapa disurga dengan seruan “Ya Abba, Ya Bapa”. Karena dengan kematian Yesus di atas tiang kayu salib, kita bukan lagi hamba tapi melainkan menjadi anak-anak Allah yang diperdamaikan dengan Bapa disurga melalui His only beloved son, JESUS CHRIST, Messiah, King of all kings, name above all names. Bahkan dalam kitab Roma 8:15-17 mengatakan bahwa:

15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!” 16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. 17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

ALL GLORY, ALL POWER, and PRAISE Just for YOU MY JESUS

Tidak ada komentar: