Rabu, 24 September 2008

YESUS ADALAH IMAM BESAR KITA

Pdt. Ivan Tanudjaja

KKR BOANERGES youth ministry

Gereja Tiberias Indonesia

Minggu 4 Mei 2008

@ Balai Sarbini – Dome Plaza Semanggi

Ibrani 7:11-17, Kristus adalah Imam yang lebih tinggi dari pada Harun

Dalam Ibrani pasal 7:11-17 dijelaskan bahwa hanya Yesus yang telah menjadi Imam besar kita menurut peraturan Melkisedek. Siapa Melkisedek? Dalam Ibrani 7:1 dijelaskan bahwa Melkisedek adalah raja salem = damai sejahtera, dan imam Allah Yang Maha Tinggi. Yesus menjadi imam kita bukan berdasarkan peraturan – peraturan manusia, tetapi berdasarkan hidup yang tidak dapat binasa. Dalam ayatnya yang ke 17 ada tertulis sebab tentang DIA diberikan kesaksian: “Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek.” Dan pelayanan Yesus telah mencapai kesempurnaan. Pelayanan yang dilakukan Yesus hanya pelayanan Berkat, berkat, dan berkat.

Imam besar yang tidak layak atau berdosa justru bisa mendatangkan kutuk bagi bangsa itu sendiri. Sebelum itu, Hanas dan Kayafas adalah Imam besar bangsa Israel. Hanas dan Kayafas tidak layak jadi imam besar bangsa Israel, karena pada saat Hanas dan Kayafas menjadi imam besar bangsa Israel, bangsa tersebut dijajah Romawi dan terbagi dua. Mengapa mereka tidak layak?

Matius 26 : 65

Maka imam besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: “Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya.

Kebenaran:

  1. Dalam perjanjian lama / old testament, seorang imam besar tidak boleh mengoyakkan / mencabik pakaiannya.
  2. Kayafas mengoyakkan pakaiannya saat menghakimi Yesus Kristus.

Imamat 21:10 >> Mengatur Tentang Kekudusan seorang Imam Besar.

10 Imam yang terbesar diantara saudara-saudaranya, yang sudah diurapi dengan menuangkan minyak urapan diatas kepalanya dan yang ditahbiskan dengan mengenakan kepadanya segala pakaian kudus, janganlah membiarkan rambutnya terurai dan janganlah ia mencabik pakaiannya.

Yesus adalah Imam besar kita. Pelayanan Yesus telah mencapai kesempurnaan bukan menurut peraturan Harun atau orang Lewi, tetapi melalui peraturan Melkisedek dan pelayanan Yesus hanya pelayanan berkat.

Reff Alkitab:

Ibrani 7:25-28

Ibrani 9:11-14

Tidak ada komentar: