Senin, 13 Oktober 2008

BAGAIMANA CARANYA SUPAYA BEBAS DARI KUTUK

Pdt. Ir. Ivan Tanudjaja

KKR BOANERGES youth ministry Minggu

Tiberias Balai Sarbini @ Dome the Plaza Semanggi.

PERTAMA

Bilangan 22 : 1-7

1 Kemudian berangkatlah orang Israel, dan berkemah di dataran Moab, di daerah seberang sungai Yordan dekat Yerikho.

Balak Memanggil Bileam

2 Balak bin Zipor melihat segala yang dilakukan orang Amori. 3 Maka sangat gentarlah orang Moab terhadap bangsa itu, karena jumlahnya banyak, lalu muak dan takutlah orang Moab karena orang Israel. 4 Lalu berkatalah orang Moab kepada para tua-tua Midian: “Tentu saja lascar besar itu akan membabat habis segala sesuatu yang disekeliling kita, seperti lembu membabat habis tumbuh-tumbuhan hijau di padang.” Adapun pada waktu itu Balak bin Zipor menjadi raja Moab. 5 Raja ini mengirim utusan kepada Bileam bin Beor, ke Petor yang di tepi sungai Efrat, ke negeri teman-teman sebangsanya, untuk memanggil dia, dengan pesan: “Ketahuilah, ada suatu bangsa keluar dari Mesir; sungguh, sampai tertutup permukaan bumi olehnya, dan mereka sedang berkemah di depanku. 6 Karena itu, datanglah dan kutuk bangsa itu bagiku, sebab mereka lebih kuat dari padaku; mungkin aku sanggup mengalahkannya dan menghalaunya dari negeri ini, sebab aku tahu: siapa yang kau berkati, dia beroleh berkat, dan siapa yang kaukutuk, dia kena kutuk.” 7 Lalu berangkatlah para tua-tua Moab dan para tua-tua Midian dengan membawa di tangannya upah penenung; setelah mereka sampai kepada Bileam, disampaikanlah kepadanya pesan Balak.

Orang Moab takut pada bangsa Israel karena:

  1. Sangat banyak jumlahnya.
  2. Mereka sudah banyak mendengar berita tentang apa yang dilakukan bangsa Israel terhadap musuhnya.

Dalam ayat-ayat selanjutnya dikatakan bahwa bileam tidak bisa mengutuk bangsa Israel. Mengapa Bileam tidak bisa mengutuk bangsa Israel?

Dalam Bilangan 23:18-20 mengatakan bahwa:

18 Lalu diucapkannyalah sanjaknya, katanya: “Bangunlah, hai Balak, dan dengarlah; pasanglah telingamu mendengarkan aku, ya anak Zipor. 19 Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta, bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya? 20 Ketahuilah, aku mendapat perintah untuk memberkati, dan apabila Dia memberkati, maka aku tidak dapat membalikkannya.

Dalam ayat yang ke 20 jelas dikatakan bahwa kalau kita sedang dalam keadaan diberkati oleh Tuhan, tidak ada kutuk yang bisa sampai pada kita, atau sebaliknya, kalau kita dikutuk tidak ada berkat yang bisa sampai pada kita dalam waktu bersamaan.

Dalam Ulangan 23:5 mengatakan bahwa:

Tetapi TUHAN, Allahmu, tidak mau mendengarkan Bileam dan TUHAN, Allahmu, telah merubah kutuk itu menjadi berkat bagimu, karena TUHAN, Allahmu, mengasihi engkau.

Itu adalah alasan Allah merubah semua kutuk Bileam menjadi berkat karena Allah sedang mengasihi bangsa Israel.

Bilangan 25:1-3

1 Sementara Israel tinggal di Sitim, mulailah bangsa itu berzinah dengan perempuan-perempuan Moab. 2 Perempuan-perempuan ini mulai mengajak bangsa itu ke korban sembelihan bagi allah mereka, lalu bangsa itu turut makan dari korban itu dan menyembah allah orang-orang itu. 3 Ketika Israel berpasangan dengan Baal-Peor, bangkitlah murka Tuhan terhadap Israel.

Dari ayat-ayat diatas, bangsa Israel tidak menyadari bahwa Tuhan sedang mengasihi mereka, makanya mereka berbuat sewenang-wenang. Berbalik pada allah bangsa Moab, Baal-Peor, dan mereka kena kutuk.

Amsal 26:2

Seperti burung pipit mengirap dan burung laying-layang terbang, demikianlah kutuk tanpa alasan tidak akan kena.

Injil Matius 10:29-31

29 Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekor pun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi diluar kehendak Bapamu. 30 Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya. 31 sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.

Injil Lukas 12:6-7

6 Bukaknkah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak ada seekor pun daripadanya yang dilupakan Allah, 7 bahkan rambun kepalamu pun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari banyak burung pipit.

Burung pipit:

Seduit = satu sen

1 duit = 2 ekor

2 duit = 5 ekor

Kalau mau ikut aturan sebenarnya 2 duit dapat 4 ekor burung pipit. Tapi karena saking banyaknya burung pipit maka dikasih bonus satu burung pipit jadi 2 duit dapat 5 ekor. Sekalipun tidak ada harganya burung pipit tetapi tidak seekorpun yang dilupakan Allah, bahkan tak seekorpun yang jatuh ke bumi tanpa kehendak Bapa. Artinya Tuhan peduli satu persatu apalagi kita yang sangat dihargai Tuhan, kita pasti diberkati.

Apakah Mungkin orang Kristen masih bisa kena kutuk? Jawabannya ialah “ya”. Orang Kristen masih bisa kena kutuk karena dia tidak menyadari kalau Bapa sedang memberkati dan mereka juga tidak menyadari betapa pentingnya mereka adalah orang yang dikasihi Yesus.

2 Tawarikh 20:17-26

17 Dalam peperangan ini tidak usah kamu bertempur. Hai Yehuda dan Yerusalem, tinggallah berdiri ditempatmu, dan lihatlah bagaimana TUHAN memberikan kemenangan kepadamu. Janganlah kamu takut dan terkejut. Majulah besok menghadapi mereka, TUHAN akan menyertai kamu. 18 Lalu berlututlah Yosafat dengan mukanya ke tanah. Seluruh Yehuda dan penduduk Yerusalem pun sujud dihadapan TUHAN dan menyembah Kepada-Nya. 19 Kemudian orang Lewi dari bani Kehat dan bani Korah bangkit berdiri untuk menyanyikan puji-pujian bagi TUHAN, Allah Israel, dengan suara yang sangat nyaring. 20 Keesokan harinya pagi-pagi mereka maju menuju padang gurun Tekoa. Ketika mereka hendak berangkat, berdirilah Yosafat dan berkata: “Dengar, hai Yehuda dan penduduk Yerusalem! Percayalah kepada TUHAN, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabi-Nya, dan kamu akan berhasil!” 21 Setelah ia berunding dengan rakyat, ia mengangkat orang-orang yang akan menyanyi nyanyian untuk TUHAN dan memuji TUHAN dalam pakaian kudus yang semarak pada waktu mereka keluar dimuka orang-orang bersenjata, sambil berkata:

“Nyanyikanlah nyanyian syukur bagi TUHAN,

Bahwasannya untuk selama-lamanya

Kasih setia-Nya!”

22 Ketika mereka mulai bersorak-sorai dan menyanyikan nyanyian pujian, dibuat TUHANlah penghadang terhadap bani Amon dan Moab, dan orang-orang dari pegunungan Seir, yang hendak menyerang Yehuda, sehingga mereka terpukul kalah. 23 Lalu bani Amon dan Moab berdiri menentang penduduk pegunungan Seir hendak menumpas dan memusnakan mereka. Segera sesudah mereka membinasakan penduduk Seir, mereka saling bunuh-membunuh. 24 Ketika orang Yehuda tiba ditempat peninjauan di padang gurun, mereka menengok ke tempat lascar itu. Tampaklah semua telah menjadi bangkai berhantaran di tanah, tidak ada yang terluput. 25 Lalu Yosafat dan orang-orangnya turun untuk menjarah barang-barang mereka. Mereka menemukan banyak ternak, harta milik, pakaian dan barang-barang berharga. Yang mereka rampas itu lebih banyak dari pada yang dapat dibawa. Tiga hari lamanya mereka menjarah barang-barang itu, karena bagitu banyaknya. 26 Pada hari yang keempat mereka berkumpul di Lembah Pujian. Di sanalah mereka memuji TUHAN, dan itulah sebabnya orang menamakan tempat itu Lembah Pujian hingga sekarang.

Dalam Kitab Tawarikh 20:17-26 ini menyebutkan bahwa barisan pertama yang terdepan bukanlah barisan pembawa senjata, tetapi barisan yang paling depan adalah barisan pemuji dengan menyanyikan “bahwasan-NYA untuk selamanya kasih setia-NYA.” Yang terdapat dalam ayat 21. Tuhan mengasihi mereka sepanjang masa. Israel dihadang 3 bangsa. Tetapi Setelah bangsa Israel datang ke tempat itu mereka hanya melihat jasad dari ketiga bangsa tersebut tanpa harus bertempur melawan mereka. Artinya bangsa Israel datang ke medan pertempuran bukan untuk bertempur melainkan untuk diberkati. Jadi mulai sekarang belajarlah mengatakan bahwa kita adalah orang yang paling dikasihi oleh Tuhan, maka semua kutuk dalam hidupmu akan dibalik menjadi berkat.

KEDUA

Wahyu 2:14

Tetapi aku mempunyai beberapa keberatan terhadap engkau: diantaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam, yang memberi nasihat kepada Balak untuk menyesatkan orang Israel, suapaya mereka makan persembahan berhala dan berbuat zinah.

Bileam adalah dukun yang sangat licik, dia tidak bisa mengutuk bangsa Israel maka dia mengatakan pada Balak bagaiman supaya Israel tidak lagi menyembah Allah Abraham, Ishak, dan Yakub dengan cara mengirim perempuan-perempuan Moab supaya Israel tidak lagi menyembah Allah yang benar dengan mempersembahkan korban darah binatang sehingga dosa mereka terekspose tidak tercovered oleh darah maka disitu mereka kena kutuk.

Selama kita menyembah Allah yang benar, selama kita menyembah Yesus, selama dihati kita ada Yesus, Selama disetiap perkataan lidah dan bibir kita ada Nama Yesus, tidak akan ada satupun kutuk yang bisa sampai pada diri kita.

Galatia 3:13-14

13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!” 14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Yesus Mati tergantung di tiang kayu salib untuk menebus saya dan saudara semuanya yang percaya dari kutuk. Kutuk stop yang bisa datang hanya berkat, berkat, dan berkat.

Jadi bagiaman caranya supaya bebas dari kutuk?

  1. Selalu belajar mengatakan dan percaya bahwa saya adalah orang yang paling dikasihi oleh TUHAN.
  2. Jangan pernah meninggalkan Yesus. Selama dihati kita ada Yesus, selama ada tubuh dan darah Yesus, kita pasti akan diberkati secara luar biasa didalam Dia yang adalah sumber dari segalanya.

Dan sebagai penutup marilah kita bersama-sama yang percaya katakan HALLELUJAH, AMEN!

1 komentar:

Samuel Edwin mengatakan...

Saya adalah orang yang paling dikasihi Yesus ^_^